Selasa, 11 Maret 2008

Situs Social Media Yang Lagi Ngetop

Setelah janji pada postingan sebelumnya, kini saatnya untuk mereview situs social media yang lagi ngetop, ada sangat banyak situs social media, tapi yang paling populer adalah yang berikut ini:

1. Digg
Di antara semua situs social media, mungkin Digg inilah yang paling banyak pengunjungnya. Setidaknya itulah yang sering didengung-dengungkan para blogger. Digg seringkali memberikan banjir pengunjung lebih banyak dibandingkan situs social media lain. Meskipun begitu, komentar-komentar para pengguna Digg juga paling pedas dan “seram” dibandingkan situs lain. Sampai-sampai seorang blogger berkomentar bahwa kita perlu menggunakan “celana tahan api” kalau masuk halaman depan Digg! Artikel-artikel yang populer di Digg seringkali berhubungan dengan teknologi dan biasanya bersifat sensasional.

2. Del.icio.us
Del.icio.us merupakan tempat yang jauh lebih “tenang” dibandingkan Digg. Bukan dalam hal jumlah pengunjung, karena del.icio.us juga ramai, tapi dalam hal kepedasan komentar. Selain itu, kalau artikel di Digg seringkali yang bersifat “cepat basi” (misalnya berita), artikel di del.icio.us biasanya bersifat tahan lama (misalnya tips-tips penggunaan suatu perangkat lunak).

3. Reddit
Reddit juga merupakan tempat yang komentarnya “panas”, hampir seperti Digg. Artikel yang populer biasanya juga bersifat sensasional dan “cepat basi”, hanya saja untuk Reddit berita yang populer lebih banyak berkaitan dengan politik (tepatnya politik Amerika).

4. Propeller (tadinya bernama Netscape)
Propeller ini merupakan nama baru dari Netscape (baru ganti nama beberapa hari yang lalu). Kelebihan Propeller adalah jumlah kategori-nya yang banyak. Akibatnya artikel yang muncul di sini juga lebih bervariasi dibandingkan Digg atau Reddit. Meskipun begitu, jumlah pengguna Propeller relatif lebih sedikit dibandingkan situs lainnya.

5. StumbleUpon
StumbleUpon merupakan situs social media yang unik karena kita tidak perlu mengunjungi situsnya. Pengguna cukup meng-install sebuah toolbar, dan dengan menekan sebuah tombol di situ maka StumbleUpon akan menampilkan sebuah halaman yang diperkirakan menarik bagi kita. Jadi sifatnya kejutan. Nantinya pengguna bisa memberikan voting apakah dia suka dengan halaman yang dimunculkan itu. Sifat kejutan inilah yang membuat StumbleUpon unik dibandingkan yang lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi tapi tidak sempat di review satu per satu, anda bisa mencarinya di google, coba cari dengan kata kunci social media, ok selamat berburu social media dan selamat berbagi.

0 komentar: