Rabu, 05 Maret 2008

Content dan SEO

Sampai saat ini, banyak para pemilik situs dan webmaster yang mati-matian melakukan Search Engine Optimization atau biasanya disebut SEO hal ini dilakukan untuk mendapatkan posisi teratas pada mesin pencari. Ya, melakukan SEO itu baik terutama untuk mendapatkan promosi gratis dari Search Engine tetapi tidak harus menghabiskan waktu kita hanya untuk melakukan SEO, karena posisi teratas untuk target keyword tertentu biasanya hanya ditempati oleh situs-situs sudah memiliki kredibilitas yang baik dimata mesin pencari sesuai dengan perhitungan alogaritma tertentu.

Nah, sebenarnya dalam membangun sebuah situs, anda hanya perlu melakukan SEO seperlunya saja, apalagi jika anda menggunakan manajemen konten yang sudah sangat search engine friendly. Anda hanya perlu berkonsentrasi dalam pengembangan dan mengupdate konten situs anda. Jika anda terlalu fokus pada tehnik SEO, suatu waktu mungkin anda akan berada diposisi teratas, tetapi ketika mesin pencari melakukan perubahan pada algoritma mereka, posisi situs anda mungkin akan berubah dan pekerjaan SEO anda akan mulai lagi dari nol.

Satu hal yang perlu kita perhatikan bahwa pengunjung yang datang kesitus kita mencari informasi (conten) dan bukan mencari SEO dan teknik SEO dilakukan hanya untuk keperloan optimasi saja.

Jadi, apa kesimpulannya adalah jangan melakukan hal-hal yang bukan menjadi kendali anda. Pagerank dan posisi di SERP (Search Engine Result Page) adalah hal-hal yang dikendalikan oleh mesin pencari dan bukan oleh kita sebagai pemilik situs. Yang kita lakukan adalah berkonsentrasilah pada konten dan menyadiakan informasi yang bermanfaat buat kepuasan pengunjung maka situs kita akan teroptimasi dengan sendirinya.
Ada tanggapan? mari kita diskusikan.

1 komentar:

PageRank mengatakan...

wahh ini blog luar biasa..dari feedjit yang ada hanya dari google,berarti optimasi seonya sangat luar biasa...salut dah pokoknya sama anda..ga salah klo sekolah internet marketing Anne Ahira banyak yang berminat,